Kamis, 27 Januari 2011

Terdapat 530 TK dan PAUD di Rokan Hulu

Pertumbuhan lembaga pendidikan pra sekolah di Rokan Hulu tergolong sangat tinggi. Hingga akhir 2010 lalu, tercatat ada 530 TK dan PAUD di daerah tersebut.



Riauterkini-PASIRPENGARAIAN– Hingga akhir tahun 2010 lalu, jumlah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Rokan Hulu sedikitnya 530 unit.

Jumlah dua pendidikan anak tersebut, meliputi jumlah PAUD yang sudah berdiri 341 unit, sedangkan jumlah TK sedikitnya 189 unit, dan sudah tersebar hampir di seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Rohul.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rohul, H M Zen S.Pd, melalui Kasi PAUD dan TK, Hj Zamrat S.Pdi, mengaku, setiap tahunnya jumlah PAUD kategori Kelompok Belajar (KB), Satuan PAUD Senejin (SPS), dan Tempat Penitipan Anak (TPA), atau pun jumlah TK terus mengalami peningkatan.

Kata dia, meningkatnya jumlah PAUD, tidak lepas komitmen Pemkab Rohul dalam memajukan PAUD. Setiap tahunnya Pemkab Rohul melalui Alokasi Dana Desa (ADD) sudah menganggarkan bantuan untuk PAUD.

“Sampai tahun 2010, jumlah sekolah PAUD TPA masih tersebar di delapan kecamatan. Dan tahun 2011 ini sudah menjadi 11 unit dengan jumlah murid 336 orang,” kata Zamrat, kepada sejumlah wartawan di Pasirpangaraian, Jum’at (21/1/11).

Jumlah PAUD SPS meningkat hingga 139 unit dengan jumlah murid 3.657 orang, sekolah TPA 11 unit dengan jumlah murid 349 orang. Untuk PAUD Kelompok Bermain (KB) ada 336 unit, dengan jumlah murid 7.215 orang, dan jumlah TK 189 unit, dengan jumlah murid 5.459 orang.

Dari matrik strategi, kebijakan, program prioritas, indikator, indikasi kegiatan, dan pelaksanaan misi, ialah untuk mewujudkan peningkatan kualitas sumberdaya Manusia (SDM) Rohul kedepannya.

Lanjut Zamrat, strategi peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, dan kesehatan untuk masyarakat, serta peningkatan kualitas pendidikan, sebagai perluasan memberi kesempatan belajar serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan, guru dan peserta didik.***(zal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar